Sampingan
0

Dia teringat dahulu seorang saleh pernah berkata padanya, “Neraka Zabbaniah lebih cepat dimasuki oleh pembaca Al Quran –yang melakukan maksiat kepada Allah SWT– dibandingkan penyembah berhala, saat mereka melakukan maksiat kepada Allah SWT setelah membaca Al Quran!”

Seketika ingatan itu datang, badannya mendadak terhuyung hingga ia tersungkur di lantai. Kakinya melemas. Badannya gemetar, kedinginan. Diambilnya mushaf yang sedang tertelungkup di atas meja kamarnya dengan susah payah, lalu didekapnya erat-erat. Beringsut-ingsut ia ke pojok kamarnya yang remang-remang itu, lalu mendepisnya di situ.

“Astagh..firullaah… As..taghfirul..laaah..,” dengan susah payah ia mengucapkan istighfar, seakan sedang menderita ashma, padahal seingatnya, tidak pernah ia mengidap penyakit itu.

“Astagh..firullaah… Astaghfirullaaah..,” terus tanpa henti mulutnya berkomat-kamit. Sesekali dia menghadap ke langit-langit. Sesekali diciuminya mushaf yang ada di dekapannya itu. Lalu menunduk. Lalu terisak. Sesekali dibuka-bukanya lagi, dibaca-bacanya lagi, padahal ia sadar ini bukan waktu yang tepat mengaji.

Dia sedang takut. Sangat ketakutan. Dia sedang menunggu tapi sebenarnya dia tak mau yang ditunggu itu datang. Dia menyesal sebenar-benarnya menyesal. Dia ingin kembali, tidak peduli apa cerca orang nanti. Tidak peduli jika tidak ada orang yang mau peduli. Tidak peduli lagi jika harus terus berjalan sendiri.

Namun sudah terlanjur, kata-kata sudah meluncur. Dia sudah dengan lantang bilang kepada Tuhan bahwa dia ingin mati, dan sangat mungkin sebentar lagi terjadi.

Baru kali ini dia mengharapkan Tuhan tidak mengabulkan keinginannya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s