Mengeluh

Adalah satu kisah menceritakan bahwa Nashrudin Hoja disambati oleh sahabatnya yang bodoh, mengeluhkan rumahnya yang sumpeg karena kecilnya. Sedangkan anaknya kecil-kecil berjumlah 7 gundhul. Nashrudin lantas memberikan nasehatnya :
Peliharalah ayam di rumahmu, setidaknya 5 ekor!

Nasehat itu dituruti juga. Maka setelah seminggu, sahabat si Nashrudin itu dateng lagi. Keluhannya tambah menyayat hati. Soalnya rumah yang sudah sumpeg itu ternyata tambah makin sumpeg. Tapi si Nahsrudin menenangkan. :
Sabar, namanya juga proses, jangan ingin cepat melihat hasil. Aku kan belum selesai kasih nasehat. Setelah kau pelihara ayam, peliharalah 5 ekor burung dara di rumahmu.

Si sahabat itu nurut juga. Dan bisa ditebak, minggu berikutnya dia tambah misuh-misuh pada si Nashrudin. Rumahnya tambah gak karu-karuan. Ayam dan burung dara bikin tambah kaco ruangan rumahnya. Si Nashrudin menenangkan :
Aku jamin dalam sebulan ke depan kau akan tenang tinggal di rumahmu. Tapi peliharalah 2 ekor kambing di rumahmu.

Nasehat itu dijalaninya juga. Minggu berikutnya si sahabat bukan hanya misuh-misuh, tapi juga marah-marah hebat.
Gara-gara nasehatmu, rumahku jadi tambah berantakan, tambah sempit dan tambah sumpeg. Teman macam apa kau ini. Kambing, ayam dan burung bikin tambah ruwet isi rumah!” bentaknya penuh emosi.

Nashrudin kembali menenangkan, “Aku kan bilang butuh waktu sebulan. Coba sekarang kau jual ayam-ayam mu itu. Minggu depan kita lihat keadaan rumahmu.”

Minggu berikutnya si sahabat dengan tersenyum bilang pada Nashrudin. “Betul juga nasehatmu. Rumahku sekarang sudah agak longgar. Adakah nasehatmu berikutnya?

Ya. Sekarang juallah burung-burung daramu. Kita lihat minggu besok gimana kondisi rumahmu.

Demikianlah seterusnya, sampai akhirnya Nashrudin memerintahkan sahabatnya menjual kambingnya. Setelah menjual kambingnya, maka si sahabat itu berkata, “Rumahku sekarang longgar sekali. Aku bisa tinggal dengan lapang dan longgarnya. Terimakasih atas nasehatnya wahai kawanku.

Iklan

2 thoughts on “Mengeluh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s