Minggu yang Tega

Hari minggu kemaren saya mau ada acara di sangkuriang atas. Acara yang dimulainya nungguin saya datang (wong penting banget yak, wkwk ). Saya diundangnya mendadak jadi saya tidak mengalokasikan waktu di hari itu untuk datang acara itu. Jadi pas ditelpon sama koordinatornya, saya bilang aja, “oia deh, tapi jam setengah ato jam duaan gitu ya datengnyaaa..“.

Okelah, jadilah saya berangkat jam setengah dua saja karena sebelumnya juga ada acara. Kirain bakal cepet lah ya, dari sekitar pasteur gitu ke sangkuriang paling 20 menit. Eh ternyataaaaaaaaaaa…. Muacceeeeeeeeeeeeeeeettttttt buanggeeeeeeeeeetttttttt…. Si angkot jalannya 1cm/menit. fuh….. Kiri kanan depan belakang rata2 platnya B. Maklumm.. minggu siiih,,,

Walhasil, saya nyampe di lebak siliwangi JAM TIGA!!! Fuh!!! Ga enak banget sumpah sama yang udah nungguin. Lalu saya buru2 turun angkot. Dan cari kendaraan laen buat nyampe ke daerah tujuan. Soale jalannya gak masuk operasi angkots. Sebenenrnya jalan juga bisaaa.. tapi saya udah telat banget, jadi deh cari cara biar cepet sampainyaa.

Biasanya sih ojek, tapi pangkalan waktu itu sepi pissaaaannn…. ga ada motor satu pun. Kata Pak Kaki Lima sebelah pangkalan sih pada ada tumpangan orang2 teh.. trus disuruh nunggu dulu. Limamenit deh ditunggu, dan gak juga dateng. ya udah.. jalan aja deh,,, kali aja di atas ntar ketemu ojek.

Ternyata, setelah sekitar 100 meter saya jalan, ada tukang becak. Yawdah deh, saya mau naek becak aja. Setelah tawar menawar, akhirnya dapet kesepakatan 10 rb buat sampai tujuan, yang ternyata itu kampung di mana bapak becak tinggal, kata beliau, sekalian pulang aja. Itu tuh udah kemahalan banget deh, tapi ya daripada lebih lama lagi…dan kasian juga liat bapak becaknya, eh kayaknya udah gak cocok dipanggil bapak becak, tapi kakek becak =p, soalnya tampak sudah saaaangat tuaa,,, tampak dari giginya yang tinggal dua. jadi saat kayuhan untuk yang pertama kalinya serasa ada beksound lagu “burung kakatua”, “…kakeeeekkk sudaaaaahhhh tuaaaaaaa, giginyaaaaa tinggaaaaal duaaaaa….” dengan iringan keroncong.

Awalnya saya ngerasa gimanaa gitu ngeliat kondisi kakek becak ituh. Gak tega minta tolong beliau membawa saya ke tempat yang dituju yang notabene sangat menanjak, walopun deket. Tapi kasian juga, kayaknya beliaunya juga gak gitu laku. Yah…itung2 ngebantu ngasi beliau makan lah… 😀

Dan ternyata, perasaan saya terjawab. Kayaknya belum ada sepuluh kayuhan, si kakek becak sudah saangat ngos2an! Akhirnya beliau turun dari sadelnya. Dan saya yang sedang dalam keranda becak pun bukan dibawa dengan cara dikayuh. tapi DIDORONG!! Beuuhh,,,, Mending jalan kaki ini mah….

Saya tanya kakek becak, “Bapak, masih jauh ya?“, Jawabnya, “Masih, Neng!“. Doh! Gimana ini. Mana si kakek semakin perlahan langkahnya trus lagi tambah ngos2an napasnya. Takkuutt kakeknya tiba2 pinsan semaputtt >.<.

Beneran bingung waktu itu, akhirnya bapaknya nanya, "alamat tepatnya mana neng?"
Jawab saya, "L1, Pak.. gimana? arahnya ke mana aja sih, biar saya yang langsung ke sana sendiri aja."
Kakeknya bilang, "
Oh, lewat sini aja…trus ke sini..situ… (sambil nunjuk2 gitu)"
"Oh, ya udah saya turun sini saja ya, Pak…", saya bilang gitu sambil langsung lompat turun dari becak.
"Gak papa neng, sama saya aja", Bapaknya tetep dorong becak.
Langsung deh saya kasih beliau dua puluh ribu dan saya langsung pergi ke arah yang ditunjukin sambil lari. Bapaknya tereak2, "Kembaliannya neng….!" Saya cuman lari sambil noleh dikit dan bilang "gak papa…saya duluan ya, Pak…"

Waktu saya agak jauh, saya nengok ke belakang bentar. Kakek becak masih tampak kelelahan mendorong becaknya. Saya mau bantuin dorong, tapi saya ditungguin orang. Heu…

Ya begitulah, jadi kepikiran… Bagaimana kehidupan Kakek itu sehari2 dengan kondisi yang seperti itu. Bagaimana keluarganya. Bagaimana anak2nya. Gak kebayang perasaan saya kalau itu adalah kakek saya, atau ayah saya, atau bahkan itu adalah saya. 😦

Iklan

6 thoughts on “Minggu yang Tega

  1. Hari minggu di bandung tu jangan pernah berpikir untuk menuju ke jalan besar. haqqul yakin bakal macetttttt. sekarang pun sabtu sore juga udah mulai menunjukkan tanda-tanda kemacetan.

    dulu waktu pertama kali ke bandung sempat berpikir kalo bandung itu kota yang paling cozy buat hidup. tapi sekarang mulai mikir-mikir…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s