10

Ide Gila (2)

Ini ide kedua saya pada tugas Ide gila seperti pada postingan sebelumnya :

Dewantika Kusuma P
13205204
Tugas Ide Gila

Judul :

Penerjemah bahasa manusia ke dalam bahasa hewan atau sebaliknya

Latar belakang :

Seringkali kita merasa ingin tau apa yang dimaksudkan kucing yang sedang mengeong-ngeong. Mungkin saja kita merasa risih dengan kambing yang mengembek-embek, serasa pengen tau apa maunya dan menurutinya lalu menyuruh mereka diam agar tidak mengganggu suasana. Tapi kita tidak bisa memahami kata-kata mereka, mungkin begitu juga sebaliknya.
Maka dibutuhkan suatu alat yang bisa mengartikan bahasa hewan kepada bahasa manusia dan atau sebaliknya.

Deskripsi :

Alat tersebut seperti semacam kamus digital tapi menggunakan suara yang telah terekam berjuta bahasa manusia dan bahasa hewan tertentu, misalnya kucing , dan bisa diset dari bahasa manusia ke kucing atau sebaliknya, bisa juga otomatis.
Untuk desain produk, bisa dalam bentuk mikrofon dan loudspeaker yang hanya akan kita pakai jika kita butuhkan untuk berbicara dengan hewan yang kita maksud, bisa juga portable dengan menggunakan baterai dan bisa dipasangkan pada tubuh hewan sehingga setiap hewan bersuara kita akan mendapatkan terjemahannya, tetapi volume suara tidak akan sekeras menggunakan loudspeaker.

5

Ide Gila (1)

Jumat lalu anak power dapet tugas matkul Perancangan buat bikin ide gila. Katanya apa pun itu pokoknya mah gila aja. Dan dikumpulin hari ini. Baru mulai mikir buat ngerjain tugas ini sih kemarin, biasa… detleners. Lagian kata Didi, cowok Padang yang tanggal lahirnya sama kayak saya tapi beda tahun,
“Mumpung malem Jumat, kali aja dapet wangsit”

Hah.

Saya mulai bingung harus bikin ide apaan. Akhirnya muncul beberapa ide. Ada empat ide kemaren. Salah satunya berikut ini :

Dewantika Kusuma P
13205204
Tugas Ide Gila

Judul :

Popok Ayam

Latar Belakang :

Ayam adalah binatang yang seringkali dipakai untuk memenuhi kebutuhan pangan manusia. Pada umumnya ayam diternakkan dalam jumlah besar untuk menghasilkan daging dan telur. Tapi siapa tahu ternyata ayam juga cukup lucu untuk dijadikan binatang peliharaan, seperti halnya kucing dan anjing. Coba saja amati bentuk wajah yang lucu dan tubuh berkaki dua yang dipenuhi bulu-bulu indah, terlebih lagi ayam kampung, betapa cantik dan tampannya mereka. Sebenarnya ayam ataupun unggas-unggas yang lain bisa untuk dilatih menjadi hewan piaraan yang penurut. Lagipula saat ini banyak hewan-hewan yang tidak biasa dijadikan binatang piaraan, seperti ular, tupai, dan sebagainya. Walaupun tidak bisa dibiarkan bebas berkeliaran di rumah karena tidak punya naluri untuk membuang kotoran di tempat yang tepat allias sembarangan.
Padahal ayam, khususnya ayam kampung, lebih cenderung menjadi binatang enerjik, berkeliaran ke mana-mana, berlarian, mengais-ngais makanan sendiri, dan berendam di pasir. Oleh karena itu cukup dibutuhkan untuk membuat suatu popok ayam agar bisa mengijinkan ayam-ayam tersebut untuk tetap berkeliaran, bahkan di rumah.

Deskripsi :

– Sebenarnya konsep popok ayam ini sederhana, seperti halnya popok bayi sekali pakai biasa tetapi daya serap untuk material yang lebih padat lebih besar. Jadi dibutuhkan bahan popok tertentu dengan pori-pori yang lebih besar dan kotoran pun bisa diserap sampai kering sehingga ayam tetap dapat merasa nyaman dan tidak berusaha melepaskan popok yang dipakai karena faktor ketidaknyamanan.
– Bahan dan daya serap juga diperhitungkan berdasarkan lama pakai ayam dan jumlah material yang diserap. Misal, popok didesain untuk sehari pakai, maka diperhitungkan kondisi dalam sehari ayam normal membuang kotoran berapa kali selama sehari dengan berapa volume per keluaran. Sehingga bisa dicari bahan yang mana yang tepat dipakai pada kondisi tersebut.
– Masih bertujuan untuk kenyamanan, bentuk popok pun harus disesuaikan dengan bentuk tubuh bagian belakang ayam, ekor, dan letak kaki. Juga lebar popok yang harus minimalis, karena ayam sering membersihkan bulunya dengan paruhnya. Jika popok terlalu lebar, bulu-bulu yang seharusnya dibersihkan akan terhalangi popok.
– Bahan luar yang anti air, anti kotor, dan anti kuman membuat ayam tetap merasa bersih walaupun beraktivitas di tempat-tempat kotor yang gemar mereka kunjungi.

6

Mimpiin Adek..

Akhir2 ini saya sering smsan sama ibu. Ngobrol2 gak jelas tapi jarang nelpon. Misalnya kemaren, kami mengobrolkan mimpi saya yang tiga hari berturut2 memimpikan adek saya dengan cerita dalam mimpi rada mirip2. Saya khawatir ada apa2 sama adek saya. Berikut smsan saya sama ibu :

Mami : “Lagi apa wakidutku? Udah makan pake apa?”

Wakidut adalah nama panggilan saya di rumah. Entah mengapa saya dipanggil kayak gitu. HHhh..

Saya : “Lagi makan, aku baru pulang dari kampus. Makan capcay.”

Mami : “Pake nasi capcaynya, biar kenyang”

Saya : “Iya, ini juga pake nasi. Oiya, besok aku mu ujian. Doain yah..”

Mami : “Iya sayang. Belajar dan berdoa. Biar lancar. Kita doain dari jauh.”

Saya : “Ega gimana? Aku tiga hari ini mimpiin dia terus.”

Ega, adek saya yang jutek abis.

Mami : “Gimana mimpinya? Dia tawuran mulu.”

Saya : “Hah? Tawuran?? Aku mimpi ngajak dia pergi. Jalan2. Tiga hari ini mimpinya mirip2 gitu…”

Waduuwh.. Ega kenapa yaa.. Emang sih kata ibu sejak masuk SMP dia banyak musuhnya karena anaknya emang jutek dan sok2an. Tapi masak sih sampe tawuran gitu???

Mami : “Lha aku kok gak diajak. Pilih kasih..”

😐 Aaarggghhh… Apa ini maksutnyaah??? Udah ah, gak jadi khawatir. Mungkin lagi kangen aja sayanya. Abis itu gak saya lanjutin smsnya. Haha. Bingung mau ngomong apa. Haha. Batere abis pula. Haha.
Dan tadi malem saya gak mimpiin si Ega lagi. Hehehe.. Tapi tetep kangen..

5

Akhirnya nulis lagiii

Huwaaah…

Kok jadi males banget nulis yaah… Akhir2 ini lagi seneng hidup di dunia nyata sih… YMan juga sering step ot. hehehe…

Males nih bener2 males…

Kapan2 lagi deh nulis… Hehehe… InsyaAllah..

Yuk ah… mau ngerjain tugas dulu.